Bacaan Sholat Dhuha yang Perlu Kamu Tahu Sebenarnya

Sholat dhuha merupakan sholat yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim. Makanya mempelajari bacaan sholay dhuha juga perlu untuk bisa mengerjakan sholat secara sempurna.

Maka dari itu, kami menuliskan tulisan ini untuk memberitahukan bagaimana bacaan sholat dhuha yang sebenarnya.

Bacaan Sholat Dhuha

bacaan sholat dhuha

Sebenarnya bacaan sholat dhuha sama saja dengan bacaan sholat yang lainnya. Yaitu dimulai dari takbir, membaca doa iftitah, membaca alfatihah dan seterusnya hingga sholat. Sehingga tidak ada perbedaan dari segi gerakan ataupun bacaan secara umumnya.

Karena memang sholatnya sama.

Yang membedakan dari sholat dhuha in hanya pada niatnya saja. yaitu harus berniat dengan benar akan mengerjakan sholat dhuha dan bukan sholat yang lain.

Kemudian bisa langsung diikuti dengan bacaan dan gerakan yang lainnya yang sama dengan sholat secara umumnya.

Waktu Sholat Dhuha

bacaan sholat dhuha

Selain niat, yang membedakan pada sholat dhuha adalah waktunya. Yaitu waktunya harus di saat waktu dhuha. Secara umum waktu shuha dilakukan pada saat matahari sudah terbit setinggi tombak. Maka setelah waktu itu, sholat dhuha sudah bisa dikerjakan.

Selain awal mulanya, perlu juga dipertimbangkan dan diperhatikan waktu berakhirnya sholat dhuha. Yaitu waktu berakhirnya adalah di saat matahari sudah mencapai di atas tepat di tengah.

Sehingga bayangan kita tidak menceng kemanapun.

Dan waktu itu juga sudah dekat dengan waktu masuknya waktu sholat dhuhur. Dan ketika waktu itu sudah sampai, maka sholat dhuha sudah tidak boleh dikerjakan lagi karena waktunya sudah lewat.

Manfaat Sholat Dhuha

bacaan sholat dhuha

Sholat memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

  • Memperlancar rezeki
  • Mendekatkan kepada Allah
  • Memudahkan segala urusan
  • Diampuni dosa oleh Allah
  • Dan lainnya.

Maka oleh sebab itu, sangat dianjurkan agar kita banyak mengerjakan sholat dhuha setiap hari. Sehingga kita bisa maksimal dalam meraih keutamaan dan manfaat yang diberikan oleh Allah dalam sholat dhuha tersebut.

Sholat dhuha ini juga merupakan sholat yang menjadi rutiinitas orang-orang yang dicintai oleh Allah. karena memang begitu banyak pahala dan balasan yang diberikan oleh Allah dengan mengerjakannya.

Maka banyak pula yang mengerjakannya.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk merutinkan sholat dhuha setiap hari.

Pentingnya Sholat Dhuha

bacaan sholat dhuha

Sangat disarankan untuk mengerjakan sholat dhuha sesering mungkin seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya. karena memang shoat dhuha banyak sekali keutamaan dan juga kelebihan yang diberikan oleh Allah.

Selain itu, sangat penting untuk diperhatikan beberapa hal yang terkandung dalam makna sholat dhuha itu.

Seperti misalnya merupakan rutinitas orang yang masuk surga.

Sholat dhuha dengan berbagai kelebihan yang ada padanya, sangat baik untuk dirutinkan. Karena secara tidak langsung, kita sudah rutinitas yang dilakukan oleh orang yang dicintai oleh Allah.

Maka insya Allah kita juga akan mendapatkan berbagai kelebihan dan keberkahan dari amalan tersebut.

Sholat dhuha sendiri juga merupakan anjuran khusus dari Rasulullah.

Penutup

bacaan sholat dhuha

Oleh sebab itulah, mengerjakan sholat dhuha berarti sudah mengerjakan anjuran baginda Nabi Muhammad SAW. Semakin kita banyak melakukan amalan tersebut, maka semakin banyak pula kita dalam mengerjakan perintah Rasulullah.

Maka lakukanlah sholat dhuha untuk menjadi bagian yang rutin dalam kehidupan kita. Sehingga kita akan bisa menjadi pribadi yang rutin dengan sunnah yang sangat dicintai oleh Rasulullah. Selain itu juga Insya Allah akan mendatangkan kebaikan dan kecintaan dari Allah kepada diri kita serta keluarga kita.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: