Biografi Lengkap Sujiwo Tejo

Halo sahabat kembali lagi bersama saya admin, dalam kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk mengupasa sebuah biografi, tentunya biografi ini tentang orang hebat lo pemirsa bukan orang yang biasa lah pokonya. yups biar gak ngambang admin kasih tahu bahwa tulisan kali ini admin akan membahas mengenai biografi Sujiwo Tejo.

Biografi Sujewo Tejo

Siapa sih yang gak kenal dengan budayawan yang satu ini, beliau ini merupakan seorang budayawan,yang sangat terkenal selain itu beliau juga seorang pemikir yang terbilang sangat kritis dan tajam. itulah seorang  Agus Hadi Sudjiwo atau yang sering kita panggil dengan nama Sudjiwo tejo.

mungkin teman teman melihat beliau merupakan tokoh yang ngawur , baik dalam berbusana ataupun dalam hal penyampaian pendapat. selain seorang budayawan beliau Sudjiwi Tejo juga merupakan seorang penyayi, pemikir dan seorang aktor yang pernah membintangi film film tanah air.

Agus Hadi Sudjiwo lahir di jember pada tanggal 31 agustus 1962, beliau pernah kuliah di perguruan tinggi ITB, namaun beliau memilih berhenti dan memutuskan meneruskan kariernya di dunia seni yang mana hal ini lebih di kuasai olehnya.

dalam karier hidupnya beliau pernah menjadi seorang wartwan harian di kompas selama 8 tahun, kemudian mengubah kariernya menjadi seorang penulis,pemusik dan pelukis dan menjadi dalang dari sebuah pertunjukan wayang. Selain itu tokoh yang sat ini juga pernah menjadi seorang sutradara dan menjadi pemeran film seperti janji joni dan detik terahir, beliau uga pernah tmpil dalam sebuah drama taktikal yang berjudul “Kabarejo” yang berarti Ketawa Bareng Tejo.

Sujiwo Tejo belajar menjadi seorang dalang bermulai dari usia anak anak, dan dia mulai menciptakan sendiri lakon  lakon wayang sebagai awal provesinya di dunia seni, dengan judul semar mesem pada tahun 1994.

Sujiwo Tejo menyelesaikan 13 episode wayang serial Ramayana di televisi pendidikan pada tahun 1996, disusui dengan wayang acappele yang berjudul Sinta Obong dan lakonya BismaGugur. Dia juga mengikuti perkumpulan komunitas yang bernama Eksotika Karmawibhangga Indonesia(EKI), dia menjadi pengajar teater di EKI sejak 1997 dan sering memberikan workshop tentang teater di berbagai daerahyang ada di Indonesia.

Di tahun 1999 tejo memprakarsai berdirinya sebuah jaringan dalang di Indonesia, tujuanya adalah memberikan angin segar bagi tumbuhnya nilai wewayangan dalam sebuah kehidupan bermasyarakat masa kini, dan yang lebih kerenya lagi dari tokoh yang satu ini adalah beliau sudah mendalang hingga mengelillingi yunani.

Dan pada tahun 1998, tokoh budayawan yang kerap di panggil Sudjiwo Tejo ini mullai di kenal oleh masyarakat sebagai seorang penyanyi(selain provesi sebagai dalang), berkat lagu lagunya yang ada pada sebuah vidio clip dengan judul “Pada Suatu Ketika” beliau mampu merai sebah penghargaan vidio clipp terbaik pada ajang Grand Final  vidio musik Indonesia, pada tahun 2000. kemudian di ikuti album berikutnya yang berjudul “Pada Sebuah Ranjang” tahun 1999, dan syair dunia maya(2005), dan yaiyo (2007).

Budayawan sudjiwo Tejo juga menggarap sebuah acara musik untuk pertunjukan musikal dengan judul of love when love turns sour, yang berhasil di gelar pada 31 mei 2005 di gedung kesenian jakarta. pertunjukan tersebut merupakan hasil karya gabungan antara Sudjiwo Tejo dengan Rusdy Rukmarata (Sutradara & Koreografer) sedangkan beliau Sudjiwo Tejo menjadi seorang komposer musik, yang manahasillnya akan di gunakan untuk program pendidikan dan pelatihan bagi anak anak yang putus sekolah, yang mana anak anak tersebut di kelola olehyayasan titian penerus bangsa.

Baik begitulah ulasan mengenai Biografi Sujiwo Tejo beliau merupakan tokoh yang menarik bukan pemikiran beliau yang sangat unik seklai membuat orang menjadi tahu siapakah Sujiwo Tejo ini bagaimana beliau bisa menemukan pemikiran yang seperti itu namun ya begitulah beliau itu dengan ciri khasnya kalau mengulik fakta beliau ini banyak sekali fakta yang berkembang di dunia maya namun beliau menyikapinya dengan bijak. Mungkin cukup sekian dari saya penulis kurang lebihnya saya mohon maaf Assalamualaikum WR WB.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: