√ 5 Jenis Kesenian Jawa Timur yang Mulai Jarang, Jangan Sampai di KLAIM LAGI!

Provinsi Jawa Timur memiliki daerah yang luas dengan berbagai kota dan kabupaten. Setiap daerahnya pasti memiliki kesenian yang khas dan pastinya menarik. Salah satu kesenian Jawa Timur yang terkenal yaitu tarian Reog Ponorogo, yang mana sempat di KLAIM oleh Malaysia sebagai kebudayaannya.

Tapi kesenian Jawa Timur bukan hanya reog yang berasal dari Ponorogo saja, masih banyak kesenian lainnya yang ada di Jawa Timur. Di sini kita akan membahas berbagai kesenian yang ada di Jawa Timur.

Ludruk, Kesenian Teater Komedi Khas dari Jawa Timur

Ludruk kesenian jawa timur
Kesenian Jawa Timur, Ludruk

Kalian tau sitkom kan? Itu loh yang biasa kalian tonton di televisi seperti Spontan, Ngelaba, Sketsa, Extravaganza, Opera Van Java, Comedy Night Live, dan acara lainnya. Acara-acara tersebut dikenal dengan sitkom atau komedi situasi.

Sebenarnya Indonesia, khususnya di Jawa Timur memiliki kesenian tersebut loh namanya Ludruk. Biasanya dalam Ludruk ini isinya tentang persoalan sehari-hari, bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa dengan logat Surabaya.

Selain tentang kehidupan sehari-hari, cerita perjuangan juga kadang dimainkan dalam Ludruk. Ciri khas dari kesenian yang satu ini adalah selalu disisipkan komedi di dalamnya. Bahasa yang digunakan juga bukan bahasa yang formal, melainkan lebih ke bahasa sehari-hari agar mudah diserap ke berbagai kalangan.

Namun, jangan disamakan dengan Ketoprak yang menjadi kesenian Jawa Tengah dan Yogyakarta, Lenong yang dari Betawi, dan Longser dari Jawa Barat. Walaupun sama sama kesenian teater tradisional, cerita yang diangkat berbeda.

Kesenian kesenian tersebut biasa mengambil cerita tentang kisah zaman dulu baik sejarah ataupun dongeng. Cerita kehidupan masyarakat sehari-hari inilah yang membedakan Ludruk dengan kesenian teater tradisional lainnya.

Kesenian Jawa Timur dari Nganjuk, Wayang Timplong

Wayang Timplong Nganjuk
Dalang yang Sedang Memainkan Wayang Timplong

Di daerah Nganjuk, Jawa Timur, ada kesenian wayang kolaborasi dari wayang kulit dan wayang golek. Wayang ini sering disebut dengan nama “Wayang Timplong”. Badan dari wayang tersebut terbuat dari kayu, sedangkan bagian tangannya terbuat dari kulit.

Sama seperti dengan wayang lainnya, wayang timplong ini dimainkan oleh dalang. Yang membedakan wayang ini dengan lainnya, dalang hanya dibantu 5 orang panjak saja. 2 di kenong, 1 di gong kecil, 1 memainkan gambang dan 1 lainnya bermain kendang.

Kesenian yang berasal dari Dusun Kedung Bajul, Desa Jetis, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini mulai tergerus zaman. Wayang Timplong hanya dimainkan ketika ada acara kerja bakti di desa, namun tidak semua desa yang melestarikannya.

Para dalang yang memainkan juga sudah banyak yang tua dan mulai sedikit yang memainkannya. Maka dari itu, kesenian ini harus dilestarikan. Agar budaya tetap terjaga dan jangan sampai “diambil” lagi oleh orang lain.

Reog Rampak Galuh Jati dari Probolinggo

Reog Rampak Galuh Jati Probolinggo
Reog Rampak Galuh Jati

Reog memiliki kesenian juga di daerah Probolinggo. Berbeda dengan reog ponorogo, reog ini biasa dipentaskan pada acara kirab budaya yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

Cerita dalam pentas reog ini menceritakan tentang prajurit Panji Asmarabangun yang sedang melakukan perjalanan untuk bedhag pikat di hutan. Bedhag pikat menurut Kamus Sanskerta Indonesia adalah berburu burung dengan pelekat.

Namun para prajurit Panji Asmarabangun dihadang oleh Wadya Gandharwa, dalam perjalanan saat akan melakukan bedhag pikat. Wadya Gandharwa merupakan sebuah butho atau monster yang mau memakan para prajurit itu.

Karena hal itu, peperangan terjadi antara Wadya Gandharwa dengan para prajurit Panji Asmarabangun. Dalam perang yang sengit tersebut, dimenangkan oleh para prajurit. Dan Wadya Gandharwa berhasil ditumbangkan.

Singo Ulung Bondowoso

Singo ulung Bondowoso
Kesenian dari Bondowoso, Jawa Timur, Singo Ulung.

Tarian yang satu ini masih berhubungan dengan Ponorogo. Kiai Singo Wulu merupakan seorang pemuda gagah yang memiliki brewok yang menciptakan tarian ini. Tarian singo ulung ini tercipta sekitar 400 tahun yang lalu.

Dulu, Kiai Singo Wulu merupakan seorang pemuda pendatang dari Ponorogo untuk berdakwah Islam. Beliau juga merupakan kerabat dari Bupati Ponorogo, Batoro Katong.

Ditengah perjalanan untuk mendakwahkan Islam, Kiai Singo Wuluh berhenti untuk beristirahat di dalam hutan lebat dan beliau berteduh di bawah pohon belimbing wuluh. Ternyata penguasa hutan yang bernama Jasiman ini merasa terganggu akan kedatangannya.

Jasiman menuduh Kiai Singo Wuluh telah lancang karena masuk ke dalam hutan, daerah kekuasaannya. Karena hal itu, perkelahian diantara mereka tidak terelakkan.

Dengan statusnya sebagai penguasa hutan tersebut, Jasiman tidak mau mengalah kepada Kiai Singo Wuluh. Sampai akhirnya Kiai Singo Wulu merubah wujudnya menjadi harimau putih yang disebut “Sardula Seta”.

Ternyata Jasiman tidak mampu melawan Kiai Singo Wuluh dalam wujud Sardula Seta. Pada akhirnya Jasiman terpojok dan tidak berkutik. Jasiman mengakui kekalahannya dan meminta perkelahian itu diakhiri.

Tarian Asal Jombang, Tari Remo

Tari Remo

Ada banyak tarian sambutan di berbagai daerah, Jawa Timur juga memiliki tarian ini, tepatnya di daerah Jombang. Nama tarian ini adalah Tari Remo, tarian ini bisa dimainkan oleh seorang penari ataupun banyak orang.

Sebenarnya cerita dari tarian ini adalah cerita tentang perjuangan seorang pangeran dalam pertempuran. Namun seiring perkembangan zaman, tarian ini dilakukan oleh perempuan, sehingga menciptakan tarian jenis baru yang dinamakan Tari Remo gaya Putri atau disebut Remo Putri.

Penutup

Begitulah tentang berbagai jenis kesenian Jawa Timur yang sudah mulai jarang ditemukan beritanya. Jangan sampai kesenian kesenian Jawa Timur di atas di KLAIM lagi oleh orang lain. Karena kebudayaan kita adalah identitas kita.

Cintailah berbagai kesenian yang kita miliki agar Indonesia lebih dikenal luas di Mancanegara. Semoga apa yang dibagikan di atas dapat bermanfaat bagi semuanya.

Wassalam…

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: