Kisah Nabi Isa dan Yudas Si Penghianat

Kisah Nabi Isa yang bergelar Almasih dan dipanggil sebagai Ibnu Maryam. Nabi Isa adalah seorang nabi yang lahir tanpa ayah. Akan tetapi hal tersebut terjadi bukan karena perzinaan.

Nabi Isa termasuk ke dalam salah satu dari lima nabi bergelar ulul azmi. Salah satu mukjizat yang diberikan kepadanya adalah kelahiran Nabi Isa yang tanpa ayah.

Nabi Isa, Bayi Yang Pandai Berbicara

kisah nabi isa

Kisah Nabi Isa yang paling terkenal ialah kemampuan beliau untuk berbicara saat baru lahir.

ketika usia kandungan Maryam sudah mendekati masa kelahiran, Maryam pun melarikan diri untuk menyelamatkan dirinya dan bayi yang ada di dalam kandungan. Pada saat itu, Maryam merasakan gerakan bayi yang semakin kuat di dalam perut. Karena merasakan sakit, Maryam kemudian membaringkan tubuhnya dan sesaat kemudian Nabi Isa pun lahir.

Beberapa hari kemudian, bayi Nabi Isa pun dibawa pulang menuju kampung halaman Maryam. Penduduk kampung datang berbondong-bondong datang untuk melihat putra Maryam. Mereka mencemooh dan mengejek Maryam karena berani membawa pulang bayi yang tidak memiliki ayah.

Penduduk kampung menuduh jika Maryam berzina hingga melahirkan seorang bayi. Meskipun Maryam datang dari keluarga baik-baik tuduhan tersebut tetap dilancarkan kepadanya.

Maryam tidak mempedulikan tuduhan tesebut akan tetapi memberikan sebuah isyarat kepada bayinya. Bayi Nabi Isa pun berbicara jika tuduhan yang dituduhkan kepada ibunya tidak benar. Penduduk kampung yang melihat hal tersebut seketika bungkam.

Maryam diasuh oleh nabi zakaria sepeninggal ayahnya. Suatu ketika, Maryam didatangi oleh seorang malaikat dan memberinya putra yang suci. Maryam sangat terkejut karena ia merasa dirinya tidak pernah sedikit pun disentuh oleh laki-laki. Maryam takut akan dicemooh dan dituduh berbuat zina.

Namun begitulah mukjizat yang diberikan kepada Nabi Isa, ia lahir sebagai putra suci yang tidak memiliki ayah.

Kisah di Bukit Zaitun

kisah nabi isa
Source: Youtube

Kisah Nabi Isal berikutnya tentang kisah ketika beliau dibukit zaitun. Seiring berjalannya waktu, Nabi Isa pun tumbuh dewasa. Pada usia sekitar 30 tahun Nabi Isa gemar pergi keluar rumah untuk mengasingkan diri dari keramaian, tujuannya adalah untuk mencari pencerahan jiwa dan membersihkan nurani.

Suatu ketika saat menuju bukit zaitun, Nabi Isa jatuh dan terduduk di dekat sebuat batu. Ada sosok yang menghampiri Nabi Isa dan memintanya untuk menjadikan roti dari batu besar itu. Nabi Isa tidak mengabulkan hal tersebut dan menjawab jika kebesaran Tuhan hanya dimiliki oleh Allah SWT.

Mendengar jawaban tersebut sosok yang mengampirinya menghilang karena menganggap iman Nabi Isa sangatlah teguh. Tanpa disadari, sosok yang menghampiri Nabi Isa adalah iblis yang berusaha untuk menyesatkan.

Setibanya di bukit zaitun, nabi isya bersujud dan bersyukur kepada Allah karena berhasil lolos dari godaan iblis. Pada saat yang sama malaikat jibril pun datang untuk menyampaikan tugas kenabian Nabi Isa. Nabi Isa pun menerima wahyu dari Allah SWT.

Allah SWT menurunkan kitab suci injil kepada Nabi Isa sebagai pembenaran dari kitab suci sebelumnya yaitu taurat. Malaikat jibril juga menyampaikan nubuat tentang akan diturunkannya Alqur’an kepada nabi Muhammad kelak.

Dakwah Nabi Isa Kepada Kaumnya

kisah nabi isa
Source: wajibbaca

Setelah mendapatkan tugas kenabian, Nabi Isa memulai untuk berjuang menyiarkan ajaran islam. Nabi Isa membeberkan kesalahan yang dilakukan oleh para pemuka yahudi dan berusaha menyadarkan mereka dari penyimpangan yang dilakukan dari ajaran Nabi Musa.

Nabi Isa juga berseru kepada umatnya agar mematuhi perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Ajakan Nabi Isa tidak serta merta diterima oleh kaumnya dengan mudah.

Mereka melancarkan berbagai ejekan dan juga fitnah dengan tujuan untuk menggulingkan kewibawaan Nabi Isa. Kaum yang membangkang itu pun meminta Nabi Isa memperlihatkan kelebihan atau mukjizatnya sebagai nabi. Namun tetap saja setelah Nabi Isa memperlihatkan beberapa mukjizat yang dimiliki, kaumnya tetap membangkang dan ingkar kepada Allah.

Mukjizat Nabi Isa

kisah nabi isa
Source: Vortex

Kisah Nabi Isa berikutnya mengenai mukjizat yang Allah berikan kepadanya. Nabi Isa memiliki beberapa mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT. Beberapa mukjizat tersebut diantaranya adalah menerima kitab injil, dapat menghidupkan orang yang meninggal dan mendatangkan hidangan dari langit.

Selain itu Nabi Isa juga dapat meyembuhkan berbagai penyakit, orang gila menjadi sembuh, orang pincang jadi bisa berjalan, orang bisu menjadi bisa berbicara, orang buta menjadi bisa melihat serta menghidupkan burung dari tanah liat.

Dalam sebuah perjalanan dakwah, Nabi Isa dan pengikutnya (al-hawariyyun) merasa sangat lapar di tengah perjalanan. Untuk meningkatkan iman dan menenangkan para pengikutnya yang kepalaran, Nabi Isa berdoa kepada Allah untuk menurunkan nikmat yang dimiliki-Nya.

Doa Nabi Isa pun dikabulkan, dan turunlah hidangan dari langit. Nabi Isa dan para pengikutnya pun menikmati hidangan tersebut lalu bersyukur kepada Allah SWT. Hal tersebut merupakan bagian dari kekuasaan Allah dan bukti dari kenabian Nabi Isa.

Al-hawariyyun adalah sebutan untuk para pengikut, murid dan juga sahabat Nabi Isa yang setia. Al-hawariyyun memiiki hati yang bersih, sangat meyakini dakwah Nabi Isa dan bertekad untuk membantu Nabi Isa berjuang untuk menyebarkan ajaran islam.

Alkisah ada seorang al-hawariyyun yang berkhianat bernama yudas. Yudas menyampaikan kepada pemerintahan romawi jika Nabi Isa berusaha memberontak dan menggulingkan pemerintahan. Yudas pun memberitahu tempat persembunyian Nabi Isa dan para pengikutnya.

Mereka dikepung dan ditangkap hidup-hidup. Nabi Isa dihukum salib, namun Allah dengan segala kuasa yang dimiliki-Nya menyelamatkan Nabi Isa.

Allah SWT menyerupakan yudas dengan Nabi Isa dan kemudian membuat yudas ditangkap oleh pemerintah romawi. Allah pun mengangkat Nabi Isa ke langit. Dan pada akhirnya yudas lah yang menerima hukuman salib.

Demikian cerita singkat mengenai Kisah Nabi Isa.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: