3 Dampak Terbesar Akibat Pencemaran Lingkungan di Muka Bumi

Perkembangan teknologi yang berkembang saat ini sudah menjadikan peradaban manusia ke arah yang lebih maju. Namun, penggunaan teknologi seringkali meinmbulkan pencemaran lingkungan yang berakibat pada pemanasan global.

Di dunia nyata, akibat pencemaran lingkungan tidak cuma terjadi pada manusia,akan tetapi juga makhuk dan aspek lainnya dalam kehidupan.

Sebelum membahas lebih dalam tentang akibat pencemaran lingkungan, mengingat lagi tentang pentingnya menjaga lingkungan tentu akan lebih baik kalau dilakukan. Lingkungan adalah  tempat semua makhluk hidup hidup.

Selain itu, lingkungan juga merupakan menjadi tempat berlangsungnya sebuah timbal balik antara banyak sekali jenis makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Dampak Pencemaran Lingkungan Untuk Makhluk Hidup

pencemaran lingkungan

Untuk  manusia, lingkungan juga dijadikan obyek untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Dengan adanya ilmu pengetahuan yang manusia peroleh, manusia dapat memecahkan permasalahan dan juga menemukan solusi terbaik. Berikut adalah beberapa dampak yang terjadi akibat pencemaran lingkungan.

Dampak Bagi Manusia

pencemaran lingkungan

Akibat pencemaran lingkungan yang sangat jelas terasa damaknya ialah kepada manusia. Pertama, saat terjadi menipisnya  lapisan ozon, manusia yang terkena radiasi sinar UV langsung dapat beresiko terkena banyak  jenis gangguan penyakit seperti dari yang ringan sampai berbahaya.

Seperti kanker kulit, kulit hitam, sensasi terbakar, dan sebagainya. Selain itu dengan tembusnya sinar UV ke permukaan bumi, ini akan semakin meningkatkan fenomena pemanasan global di muka bumi. Dan tentunya dampak yang dihasilakn akan semakin meluas lagi.

Lebih dari itu, aspek lainnya juga dapat terjadi ketika manusia mengkonsumsi tanaman maupun hewan yang terdampak pemekatan hayati seperti ikan yang mengandung polutan.

Dampaknya dapat berupa serangan bakteri, jamur, virus, dan sebagainya. Hal ini tentu bakal menjadi berbahaya jika penyakit oleh mikroorganisme pathogen tersebut menjangkitii ke janin maupun lainnya.

Dampak Bagi Flora dan Fauna

pencemaran lingkungan

Fauna adalah salah satu pihak yang juga terkena efek negatif pencemaran lingkungan. Seperti halnya manusia, fauna yang terkena dapat mengalami gangguan atau bahkan mati. Salah satu hal yang berbahaya yaitu kalau terjadi pemekatan pada fauna di dalam rantai makanan.

Sebagai contoh, terdapat zat berbahaya tertentu yang menjangkiti suatu jenis alga pada ekosistem perairan. Alga yang terkena pencemaran itu kemudian dikonsumsi oleh ikan-ikan kecil. Dampaknya, ikan-ikan kecil juga ikut terjangkit oleh zat-zat polutan.

Ikan-ikan kecil yang telah terkena oleh polutan kemudian menjadi makanan untuk ikan-ikan yang lebih besar. Seperti saat ikan kecil makan ganggang, zat polutan itu dapat menular ke tubuh ikan besar.

Kalau ikan besar tersebut kemudian ditangkap manusia dan dimakan, bukan tidak mungkin manusia yang makan ikan itu ikut keracunan atau  bahkan terserang penyakit.

Hal yang sama juga dapat terjadi pada flora. Tumbuhan yang tak dapat tahan dengan zat-zat polutan akan layu, kering, dan mati. Tanaman sendiri adalah satu dari sekian anggota ekosistem.

Kalau salah satu bagian penting Pada ekosistem terkena sebab dari pencemaran lingkungan, lingkungan dapat terganggu keseimbangannya.

Keseimbangan lingkungan yang tidak seimbang dapat menimbulkan permasalahan tertentu di masa depan. Dalam menjaga keseimbangan lingkungan, satu dari sekian banyak cara yang dapat dilakukan ialah dengan menurangi  pemakaian  produk yang dapat mencemari lingkungan seperti pestisida, insektisida, dan lain – lain.

Dampak Bagi Komponen Bumi

pencemaran lingkungan

Komponen bumi pada hal ini yang dimaksud yaitu atmosfer, tanah, dan lain – lain. Satu dari sekian banyak dampak pencemaran lingkungan yakni penipisan pada lapisan atmosfer.

Lapisan ozon pada atmosfer bumi dapat terganggu kalau komponen kimia di udara mengalami gangguan seperti terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya seperti CO atau dioksida lainnya.
Kalau zat-zat itu menumpuk di atmosfer, lapisan ozon akan terkena penipisan kemudian akan menciptakan lubang-lubang. Lapisan yang menipis dan berlubang dapat menjadikan penyerapan radiasi sinar matahari terganggu.

Dampaknya ialah, permukaan bumi bakal terasa lebih panas sebab lapisan ozon yang menyaring radiasi UV tak dapat bekerja dengan baik.

Terganggunya lapisan ozon dan tidak tersaringnya radiasi sinar matahari dapat menimbulkan fenomena pemanasan global di seluruh belahan dunia. Fenomena ini bisa menyebabkan berbagai kejadian yang memperparah kondisi bumi.

Sedikit contoh saja seperti bertambahknya pencairan lapisan es di kutub bumi. Dari peristiwa tersebut tersebut, Jumlah air laut pun menjadi meningkat. Kalau dibiarkan terus, bukan tidak mungkin daratan bisa tenggelam.

Selain itu, dampak buruk juga dapat terkena pada sumber daya lainnya di bumi. Salah satunya yaitu tanah. Masuknya berbagai jenis zat berbahaya ke dalam tanah bisa menurunkan tingkat kesuburan pada tanah menjadi sedikit.

Zat berbahaya yang masuk dan terserap ke tanah dapat berasal dari produk-produk pertanian seperti pupuk kimia serta  insektisida yang dipakai secara berlebihan. Kalau tingkat kesuburan tanah berkurang, hal tersebut menimbulkan berbagai tumbuhan tidak bisa tumbuh subur nantinya.

Begitulah sedikit penjelasan tentang dampak pencemaran lingkungan yang penting untuk kamu ketahui. Untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan , sudah menjadi kewajiban manusia yang dapat berpikir untuk mengerjakan upaya-upaya sedari dini.

Kamu dapat melakukan pengawasan dalam pemakaian produk kimiawi seperti pestisida serta produk yang terdapat zat kimia lainnya. Kalau kamu ingin mengetahui apa saja dampak dari pemanasan global kamu dapat lihat lebih jelasnya di artikel santrialim.com.
Selain itu, membuang sampah di tempatnya juga bakal memberikan dampak yang baik untuk kehidupan. Dengan kebiasaan kecil yang kita kerjakan, kamu bisa mengajak orang lain akan kesadaran menjaga lingkungan yang sehat dan bersih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: