Pengertian OSIS Beserta Ciri-Ciri, Tujuan dan Fungsi OSIS

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang biasanya dikenal dengan sebutan OSIS ini sebetulnya merupakan sebuah organisasi yang hampir pasti dimiliki oleh setiap sekolah di Indonesia, khususnya. Pengertian OSIS bisa dikatakan sebagai wadah bagi para siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan yang dimilikinya dalam berorganisasi.

Mungkin sebagian dari Anda pernah atau sedang tergabung dalam organisasi satu ini. Kegiatan sewaktu OSIS pastinya memberikan kenangan yang membekas bagi anggotanya. Sebab, ada banyak hal yang dialami dan bisa dipelajari dengan mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah tersebut. Semisal membentuk sikap tegas dan empati, sehingga banyak caption bijak yang bisa diambil.

Atas dasar itulah pada artikel ini akan kami ulaskan lebih lanjut tentang informasi lengkap Organisasi Siswa Intra Sekolah yang pastinya harus Anda ketahui. Silakan di simak baik – baik ulasannya.

Pengertian OSIS

Pengertian OSIS

Pengertian OSIS secara umum merupakan sebuah organisasi yang berada di sekolah menengah, yakni dari sekolah menengah pertama atau SMP dan sekolah menengah atas atau SMA. Setiap sekolah menengah yang berada di Indonesia tentunya memiliki organisasi siswa intra sekolah atau OSIS.

Suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ciri dan karakteristik OSIS

Ciri-ciri OSIS
howieandbelle

Berikut ini ciri-ciri OSIS dan karakteristiknya yang perlu kamu ketahui,

  • OSIS atau yang juga disebut dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah ini pada dasarnya berorientasi pada tujuan
  • Organisasi tersebut memiliki susunan kehidupan berkelompok
  • Memiliki sejumlah peranan penting
  • Terkoordinasi dengan sangat baik
  • Continue, berkelanjutan dalam waktu tertentu

Tujuan Dibentuknya OSIS

Tujuan OSIS

Pada dasarnya tiap organisasi akan selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pun dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS satu ini, juga ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, diantaranya sebagai berikut.

  • Memahami, menghargai lingkungan hidup juga nilai – nilai dalam mengambil keputusan yang tepat.
  • Membangun landasan keperibadian yang baik, kuat, dan saling menghargai Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kontek kemajuan budaya.
  • Membangun dan mengembangkan wasasan kebangsaan juga rasa cinta terhadap tanah air di era globalisasi.
  • Memperdalam sikap sportif, disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir yang logis juga demokratis.
  • Tingkatkan pengetahuan serta keterampilan dan sikap saling menghargai karya artistik, budaya, juga intelektual.
  • Tingkatkan kesehatan jasmani dan rohani dalam memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa juga bernegara.

Fungsi dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Fungsi OSIS

Pembahasan terakhir dari pengertian OSIS adalah fungsi dari organisasi ini di dalam sekolahan.

  • OSIS menjadi wadah. Dalam fungsi ini OSIS memiliki peranan yang cukup penting sekali sebagai tempat atau wadah kegiatan siswa di sekolah. OSIS dihadirkan khusus bersama kegiatan jalur pembinaan lain di sekolah, contohnya saja seperti kegiatan latihan kepemimpinan, aktifitas wiyata mandala, atau pun ekstrakurikuler.
  • OSIS menjadi pendorong. Lalu dalam hal berikut ini, OSIS memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk jadi motivator bagi tiap anggotanya dan siswa lain dalam lingkup sekolah. OSIS berguna sebagai pendorong semangat juga inisiatif siswa untuk berbuat positif, serta bergerak bersama guna capai suatu tujuan. Pastinya akan ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan dalam organisasi tersebut yang nanti bisa jadi saranan untuk dorong siswa agar mau bekerjasama dalam organisasi.
  • OSIS menjadi pencegah. Selain itu, OSIS juga berguna atau berfungsi sebagai lembaga pencegah pengaruh negatif, baik itu dari internal atau pun eksternal sekolah. OSIS harus punya kemampuan dan wawasan yang cukup supaya bisa menggerakkan anggotanya untuk bersama – sama cegah adanya kegiatan negatif.

Fungsi OSIS ini bahkan juga jadi karakteristik OSIS sebagai salah satu organisasi sekolah yang digerakkan oleh siswanya sendiri. OSIS memiliki corak yang sangat khas sebagai organisasi anak muda yang orientasinya merupakan pembinaan anak muda lain yang masih dalam lingkup sekolah.

Demikian tadi informasi lengkap tentang pengertian OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dari sweetjesusihatebilloreilly. Lengkap dengan ciri-ciri, tujuan osis dan fungsinya yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: