4+ Pencemaran Lingkungan dan Penyebabnya Sampai Saat Ini

Pencemaran lingkungan – Assalamu’alaikum, Sahabat bumi kita semakin tua dari waktu ke waktu, tidak lagi asri seperti dahulu.

Waktu berjalan terus tanpa henti, dunia senantiasa berubah hari demi hari. Oleh karenanya patut untuk kita jaga agar tidak menjadi lebih buruk lagi daripada ini. Keadaan alam kita saat ini tidak lepas dari peran manusia sebagai khalifah untuk mengurus bumi.

Menjaga dan merawat bumi sebagaimana mestinya sudah menjadi tanggung jawab kita. Setiap perbuatan yang berhubungan dengan alam tentunya akan berdampak kecil maupun besar terhadap kehidupan kita.

Sebagai salah satu studi kasus, banyaknya sampah bisa menjadi salah satu penyebab pencemaran lingkungan yang dapak berdampak pada udara, tanah dan air. Hal inilah yang mendasari kita untuk senantiasa menjaga diri dari membuang sampah sembarangan dan memilah sampah organik dan non-organik.

Seringkali kita mendapati peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan tapi mengabaikannya dan secara tidak sadar menjadi kebiasaan buruk. Akhirnya berdampak pada linkungan kita yang berimbas pada menyalahkan orang lain, terutama pemerintah, entah karena irigasi, atau yang lainnya.

Akan tetapi, yang paling utama adalah bagaimana cara mengubah mindset dan moral individu untuk senantiasa menjaga bumi agar tetap asri, rasa cinta dan memiliki untuk menimbulkan perhatian lebih kedepannya.

Sebelum kita melangkah lebih dalam mengenai pencemaran lingkungan, ada baiknya jika kita memahami apa sebenarnya yang menjadi dasar dari lingkungan tercemar.

Simak penjelasan berikut ini 🙂

Pencemaran Linkungan

Adalah keadaan dimana suatu zat, energi atau makhluk hidup lain masuk ke dalam elemen berupa air atau udara. Dengan kata lain ada unsur diluar unsur penyusun yang masuk dan mengubah komposisi dari suatu elemen atau media yang dicemari.

Misalnya saja tanah yang tercemari akibat air limbah yang dibuang ke sungai sehingga menyebabkan tanaman menjadi mati dan tanah menjadi rusak.

Akan tetapi tidak semua pencemaran lingkungan disebabkan oleh manusia secara keselurah ada juga yang diakibatkan oleh proses alam dan faktor lain sebagai penyebab. Menurunnya kualitas dari suatu media yang dicemari.

Saat ini pencemaran lingkungan semakin tinggi terutama setelah terjadinya masa revolusi industry yang dimana perkembangan dunia industri berkembang sangat pesat. Hasilnya berbagai macam potensi dan hasil dari proses yang berjalan dalam pabrik tersebut menjadi penyumbang besar dalam kerusakan alam.

Maka pada saat ini pengendalian dan modifikasi terhadap pencemaran tersebut perlu ada dan harus disegerakan. Banyaknya insan cendekia yang bertebaran di muka bumi akan mampu mengurangi hal buruk tersebut.

Salah satu yang telah menjadi solusi ialah, mobil listrik yang ekonomis, dan ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi suara, dan udara. Mari berharap dan terus berinovasi kedepannya agar bumi dapat tetap asri dan nyaman untuk ditinggali.

Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa medium yang dapat tercemar akibat zat, makhluk hidup ataupun energy dari luar. Dalam bagian ini kita akan lebih mengenali apa saja yang menjadi polusi dan polutan yang akan mencemari lingkungan. Berikut adalah :

Pencemaran Air

Pencemaran pada air terjadi akibat perubahan molekul-molekul pada air atau perubahan zat dan kandungan yang dimiliki air secara normal.

Sebagai contoh yang telah kita jelaskan di atas dan yang lainnya seperti limbah pabrik yang dibuang ke sungai sehingga merusak air dan daratan.

Pencemaran Tanah

pencemaran linkungan pada tanah yang terkena limbah
via ebiologi.com

Pencemaran tanah biasanya terjadi akibat adanya tumpahan zat atau cairan yang masuk ke dalam lapisan tanah dan merusak komposisi tanah yang baik. Hal ini menjadikan tanah tidak mampu berfungsi normal sebagaimana mestinya.

Contoh tumpahnya kilang minyak di perairan yang akhirnya sampai ke pesisir dan merusak tanah yang ada di pesisir pantai.

Lainnya, pembuangan limbah pabrik kesungai dapat mempermudah zat berbahaya yang terkandung dalam limbah tersebut masuk ke dalam tanah. Akhirnya tumbuhan menjadi mati, dan tanah menjadi tandus dan rusak.

Pencemaran Suara

pencemaran lingkungan akibat kebisingan
by gettyimages

Kita ketahui bahwa setiap makhluk hidup memiliki ambang batas pendengaran tersendiri, khususnya untuk manusia 0-140 db. Batas minimumnya berada pada 0 db dibawah itu manusia tidak akan dapat mendengar apapun seperti percakapan hewan kecil.

>90 db manusia sudah akan merasakan sakit pada tingkat tersebut. Maksimumnya berada pada 140 db yang ketika manusia mendengar suara dengan tingkat kebisingan sebesar itu maka akan terjadi kerusakan pada alat pendengarannya.

Pencemaran udara

 

pencemaran lingkungan akibat rokok mencemari udara
by the portland press herald

Ini terjadi diakibatkan oleh adanya zat atau material yang bercampur dengan udara yang menjadikan udara yang dihirup makhluk hidup tidaklah baik.

Contohnya pencemaran udara yang diakibatkan oleh asap pabrik yang membawa material-material berbahaya keudara dan mengubah tatanannya. Apabila terhirup oleh manusia sebelum difilter maka akan sangat berbahaya.  Sangat besar kemungkinannya untuk asap pabrik tersebut mengeluarkan nitrogen yang telah bercampur dengan zat kimia berbahaya lainnya.

Perlunya mengetahui daur nitrogen dan bagaiman setiap zat kimia dapat mengikat satu sama lain sehingga kedepannya dapat ditanggulangi. Untungnya saat ini pabrik industri sudah mulai memberikan filter pada pembuangan asap mesin produksinya sehingga tidak membawa zat berbahaya ke udara.

Selain itu ada pula asap kendaraan yang saat ini masih bermasalah dikarenakan tidak semua kendaraan memiliki filter pada bagian knalpotnya. Teknologi penggunaan gas sebagai bahan bakar pada bajai di jakarta sedikit membantu dalam hal ini.

Kedepannya kita berharap agar teknologi yang ramah lingkungan dan ramah bagi masyarakat kecil terus hadir. Termasuk pada

Penyebab pencemaran lingkungan

Umumnya penyebab pencemaran lingkungan terutama pada lingkungan hidup memiliki banyak sumber. Berdasarkan sebuah penelitian oleh lembaga konservasi energi, sumber utama yakni berasal dari sektor industri, lalu merambah ke transportasi, tani, dagang lalu, limbah rumah tangga.

Sektor Industri

limbah pabrik pencemaran lingkungan terbesar
via handuk-qu.blogspot.com

Dari sektor ini sendiri adalah penyumbang polutan terbesar yang telah mencemari alam sejak revolusi industri dimulai. Selanjutnya penggunaan bahan bakar fosil pada industri tersebut akhirnya menjadi sumber utama pencemaran yg ada.

Di abad 19 dan 20 batu bara mulai menjadi bahan bakar yang digunakan dalam perindustrian untuk mesin-mesinnya. Hasilnya dari aktivitas tersebut udara, air dan tanah dapat tercemar.

Sektor transportasi

pencemaran lingkungan akibat transportasi
by hello sehat

Sejak penggunaan mesin sebagai alat bantu manusia dalam mengerjakan dan menyederhanakan pekerjaannya maka lebih banyak penggunaan bahan bakar fosil.

Bersamaan dengan hal itu kendaraan yang berbahan bakar fosil mengeluarkan asap yang dapat menjadi polusi dengan polutan CO ( carbonmonoxide )dan CO2 ( carbondioxide )sebagai hasil pembakaran BB fosil tersebut.

Sektor Pertanian

pencemaran lingkungan akibat limbah pertanian
via google.com

Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan bahwa salah satu penyumbang lahan tercemar adalah pertanian yang memiliki andil dalam pencemaran tanah dan air.

Pada dasarnya pertanian yang normal dengan cara alami tidak akan merusak tanah maupun air, akan tetapi sejak penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya, ini menjadi masalah.

Dengan bertujuan untuk membasmi ham dan dan penyakit yang timbul pada tanaman yang dapat melindungi tanaman tersebut. Ini terlihat baik saja bagi manusia ataupun petani, akan tetapi tidak dengan makhluk hidup lain yang tidak termasuk hama sehingga merusak ekosistem yang ada.

Sektor Rumah Tangga

limbah rumah tangga adalah pencemaran lingkungan
via google.com

kita ketahui bersama bahwa setiap hari kita mengkonsumsi dan menggunakan berbagai macam peralatan. Semua bahan kimia tidak terbantahkan keberadaannya.

Inilah mengapa limbah rumah tangga masuk dalam tatanan penghasil limbah yang cukup mencemari lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik.

Sektor perdagangan, sama halnya dengan rumah tangga yang menggunakan banyak sekali bahan-bahan yang mengandung zat kimia berbahaya. Dari pedagang itu sendiri pengiriman barang dan jasa, atau pembelian barang oleh konsumen banyak menggunakan hal-hal yang tidak ramah linkungan.

Contohnya seperti plastik, sterofom, dan banyak lagi lainnya.

berikut ini link data statistik mengenai pencemaran lingkungan berdasarkan sektornya yang diambil dari Badan Pusat Statistik

Penutup

Itulah sedikit penjelasan dan pengenalan mengenai pencemaran lingkungan. semoga anda bisa menemukan lebih banyak informasi menarik lagi di situs ini.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: